HIDDEN FILE/FOLDER SEBAGAI FILE SYSTEM

HIDDEN FILE/FOLDER SEBAGAI FILE SYSTEM 

Mungkin bagi yang telah terbiasa dengan komputer, bisa dengan mudah menyembunyikan file atau foldernya dengan masuk di properti dan mencentang hidden. Namun yang akan kita bahas bukan yang seperti itu, tapi kita akan membahas bagaimana caranya menyembunyikan file atau folder sebagai file system. Jadi file atau folder anda tidak akan muncul hanya dengan mencentang show hidden files di folder options. Mari langsung saja kita bereksperimen...

Baca juga tips dan trik lainnya tentang Cara Mengambil ScreenShot di Komputer.

Cara untuk Hidden File/Folder sebagai file system:
  • Buka CMD anda dengan izin administrator. Klik start > Klik kotak search dan ketikkan cmd > Klik kanan pada cmd > Klik Run as Administrator.
run as administrator cmd
  • jika command prompt sudah terbuka, mari kita coba eksperimennya. karena yang ingin saya hidden adalah folder coba di direktori E:\coba maka saya akan mengetikkan:
attrib +r +a +s +h "E:\coba\coba"

memasukkan attrib +r +a +s +h di cmd
 sesuaikan dengan nama drive, direktori dan folder anda
  • Selesai. Jika CMD tidak memberikan peringatan apa-apa, berarti folder atau file sudah di super hidden. Untuk mengecek apakah sudah super hidden, buka explorer dan cari folder anda yang sudah dihidden. Jika anda tidak bisa menemukan folder tersebut, berarti folder sudah dalam keadaan super hidden.
Melihat file/folder yang super hidden :
  • untuk membuka file/ folder yang telah dihidden sebelumnya sebagai file system. buka explorer kemudian klik organise yang ada disebelah kiri atas kemudian pilih folder and search options
folder and search options
  • Buka tab View. Tandai Show hidden files, folders, and drives. Hilangkan centang Hide protected operating system files (Recommended). Kotak peringatan akan muncul. Klik yes untuk melanjutkan.
show hidden files folder and drives
  • Klik Apply dan tutup Folder Options. Anda akan melihat beberapa system file seperti $RECYCLE.BIN pada drive. Selanjutnya, anda bisa melihat dan membuka folder anda yang telah di super hidden.
Mengembalikan file/folder Super Hidden :

Untuk membuat folder/file yang sudah menjadi super hidden kembali seperti semula, anda harus membuka command prompt sebagai administrator dan mengetikkan command sebaliknya. Yaitu attrib -r -a -s -h "<direktori file/folder>". Misalnya saya akan membuat folder coba di direktori E:/coba yang sudah saya super hidden sebelumnya kembali seperti semula. maka saya akan mengetikkan:
attrib -r -a -s -h "E:\coba\coba"

mengetikkan attrib -r -a -s -h pada cmd
 sumber: http://www.0p1ck.com