Memastikan MySQL Server Telah Berjalan Di Sistem Komputer

Memastikan MySQL Server Telah Berjalan Di Sistem Komputer

Umumnya, instalasi MySQL Server tidak jauh berbeda dengan MySQL Server versi-versi sebelumnya. File instalasi MySQL Server dapat diunduh dalam dua jenis ekstensi yaitu msi dan zip. Untuk Anda yang masih baru dengan basis data MySQL dan ingin menginstal MySQL Sever dengan lebih mudah, disarankan untuk mengunduh file MySQL Server yang berekstensi .msi (Windows Installer Package). Sedangkan untuk
file yang berekstensi .zip (WinRAR ZIP Archive), agak sedikit rumit dalam instalasi dan konfigurasi.
Ketika instalasi dan konfigurasi MySQL Server telah selesai, Anda perlu memastikan bahwa MySQL Server telah dapat digunakan. Pertama, Anda perlu membuka jendela command line (MySQL 5.5 Command Line Client) terlebih dulu dan mengetikkan password yang sama dengan password saat proses instalasi dan konfigurasi MySQL Server dan kemudian menekan tombol Enter di keyboard.
Klik ikon Start di bagian kiri bawah, kemudian klik All Programs dan geser tombol penggulung ke atas atau ke bawah untuk menemukan folder MySQL. Di folder tersebut, temukan MySQL 5.5 Command Line Client dan klik sekali.

Dari jendela MySQL 5.5 Command Line Client yang muncul, ketikkan password yang sama dengan password yang Anda sediakan saat proses instalasi dan konfigurasi MySQL Server.

Apabila password yang dimasukkan benar, beberapa baris teks ditampilkan berisi ucapan selamat datang, versi server, dan beberapa deskripsi singkat terkait penulisan penulisan perintah (command), hak cipta (copyright), dan bantuan (help).

Untuk memastikan bahwa MySQL Server telah berjalan dan siap digunakan, Anda dapat mencoba menuliskan perintah (command) select –version() di baris perintah (prompt) MySQL (mysql>) untuk mengetahui versi MySQL Server yang terinstal.

Yang perlu diperhatikan, setiap perintah yang dituliskan di prompt MySQL harus diakhiri dengan tanda titik koma (;). Dari eksekusi perintah tersebut, dapat dilihat nomor versi (version number) dari MySQL Server yang terinstal. Hasil tampilan nomor versi sekaligus juga menunjukkan bahwa MySQL Server telah berjalan di sistem komputer dan siap digunakan.

Sumber: http://www.termasmedia.com