Menyeleksi File Atau Folder Di Windows 7 Dengan Check Box

Menyeleksi File Atau Folder Di Windows 7 Dengan Check Box

Windows 7 mempunyai banyak sekali fitur-fitur tersembunyi yang tidak termasuk dalam kategori default-nya. Untuk menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu. Terkadang fitur yang tidak termasuk default tersebut lebih membatu dan mempermudah melakukan sesuatu dibandingkan dengan tampilan standar bawaan.
Salah satu fitur menarik yang sangat jarang digunakan dan diketahui adalah proses penyeleksian beberapa file atau folder. Bagi Anda yang suka sekali menjelajah file atau folder menggunakan Windows Explorer, tidak akan menyadari bahwa Windows 7 dapat menampilkan
kotak check (check box) disamping kiri nama file atau folder. Kotak check box tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyeleksi sekaligus beberapa file atau folder dengan lebih mudah dengan cara memberi tanda centang di kotak check box yang ditampilkan di sebelah kiri nama file atau folder.

Contoh lain pemanfaatan fitur ini adalah saat Anda ingin membuka beberapa file dari program aplikasi (misalnya Microsoft Word). Apabila Anda menggunakan cara normal untuk menyeleksi beberapa file sekaligus, Anda terlebih dahulu harus menekan tombol keyboard SHIFT atau CTRL dan kemudian memilih (klik) file atau folder yang diinginkan. Dengan fitur ini, Anda cukup mencentang dengan mudah file-file yang diinginkan tanpa harus melakukan penekanan tombol keyboard SHIFT atau CTRL. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengaktifkan fitur tersebut:

Klik tombol Start dan ketikkan "Folder Options" di kotak pencarian (search box) dari sistem operasi Windows 7 Anda dan kemudian tekan tombol keyboard Enter.


Dari jendela Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View.


Di area Advanced setting, beri tanda centang di check box berlabel Use check boxes to select items dan kemudian tekan tombol Apply dan OK.


Sebagai contoh, jalankan aplikasi Microsoft Office Word dan kemudian buka beberapa dokumen sekaligus. Anda tinggal memberi tanda centang di dokumen-dokumen yang ingin dibuka tanpa harus menekan tombol SHIFT atau CTRL.

 sumber: http://www.termasmedia.com