Tugas Pak BUDI

1.   Apa Tujuan Utama Penelitian Deskriptif.?  
Tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Dalam perkembangannya, akhir-akhir ini metode penelitian deskriptif banyak digunakan oleh peneliti karena dua alasan. Pertama, dari pengamatan empiris didapat bahwa sebagian besar laporan penelitian dilakukan dalam bentuk
deskriptif. Kedua, metode deskriptif sangat berguna untuk mendapatkan variasi permasalahan yang berkaitan dengan bidang pendidikan maupun tingkah laku manusia.

2. Pengertian Deskriptif mempunyai beberapa keunikan jika dibanding dengan metode lain (keunggulan)
Keunikan yang ada pada metode penelitian deskriptif antara lain seperti berikut : 
a.    Penelitian deskriptif menggunakan kuesioner dan wawancara, seringkali memperoleh responden yag sangat sedikit, akibatnya bias dalam membuat kesimpulan. 
b.    Penelitian deskriptif yang menggunakan observasi, terkadang dalam pengumpulan data tidak memperoleh data yang memadai. Untuk itu diperlukan para observer yang terlatih dalam observasi, dan jika perlu membuat chek list lebih dahulu tentang objek yang perlu dilihat, sehingga peneliti memperoleh data yang diinginkan secara objektif dan reliable. 
c.    Penelitian deskriptif juga membutuhkan permasalahan yang harus diindentifikasi dan dirumuskan dengan jelas, agar peneliti tidak mengalami kesulitan dalam menjaring data ketika di lapangan. 

5. Apa Tujuan Utama penelitian Survey, Berikan contoh penelitian survey 
Tujuan penelitian survey adalah untuk memahami (meneliti?) tentang karakteristik dari seluruh kelompok yang hendak diteliti atau populasi dengan meneliti sebagian (subset) dari kelompok populasi tersebut yang selanjutnya disebut dengan sampel.

Contohnya: Banyak pembaca yang sudah familiar dengan hasil penelitan survey di bidang politik, walaupun yang disurvey hanya sedikit jumlahnya. Karena akan tidak mungkin untuk mensurvey seluruh populasi di negeri kami (AS), maka para pengumpul pendapat umum (pollsters) memilih sampel kecil yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat mewakili atau merepresentasikan populasi secara keseluruhan.Hasil dari survey terhadap sampel tersebut kemudian digeneralisasikan atau diberlakukan kepada populasi. Penelitian survey biasanya didefinisikan sebagai sebuah penelitian atau penelitian tentang kelompok besar melalui penelitian langsung dari subset (sampel) dari  kelompok tersebut. Berbeda dengan direct observation, penelitian survei sulit mengontrol "konteks".

4. Boleh penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi angket dalam penelitian Survey  
Boleh, Karena, 
Penelitian survey adalah penelitian yang mengambil sample dari satu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang pokok (Singarimbun, 1998). Survei merupakan studi yang bersifat kuantitatif yang digunakan untuk meneliti gejala suatu kelompok atau perilaku individu. Survey adalah suatu desain yang digunaan untuk penyelidikan informasi yang berhubungan dengan prevalensi, distribusi dan hubungan antar variabel dalam suatu popilasi. Pada survey tidak ada intervensi, survey mengumpulkan informasi dari tindakan seseorang, pengetahuan,  kemauan, pendapat, perilaku, dan nilai. Penggalian data dapat melalui kuisioner, wawancara, observasi maupun data dokumen. Penggalian data melalui kuisioner dapat dilakukan tanya jawab langsung atau melalui telepon, sms, e-mail maupun dengan penyebaran kuisioner melalui surat. Wawancara dapat dilakukan juga melalui telepon, video confeence maupun tatap muka-langsung. Keuntungan dari survey ini adalah dapat memperoleh berbagai informasi serta hasil dapat dipergunkan untuk tujuan lain. Akan tetapi informasi yang didapat sering kali cenderung bersifat superfisial. Oleh karena itu pada penelitian survey akan lebih baik jika dilaksanakan analisa secara bertahap.  
 
5. Sebutkan secara jelas kelebihan dan kekurangan dalam penelitian Survey  
Kelebihan Menggunakan Survei 
·         Relatif murah. 
·         Deskripsi populasi besar. Tidak ada metode lain memiliki kemampuan ini. 
·         Menjangkau lokasi terpencil dengan menggunakan surat, email atau telepon. 
·         Sampel sangat besar memberi hasil signifikan secara statistik bahkan ketika menganalisis beberapa variabel. 
·         Banyak pertanyaan diterapkan mengenai suatu topik sehingga memiliki fleksibilitas tinggi. 
·         Pertanyaan standar membuat pengukuran lebih tepat. 
·         Memiliki kemampuan tinggi dalam mengeliminasi subjektivitas peneliti. 

Kelemahan Menggunakan Survei 
·         Standarisasi metodologi memaksa peneliti merancang pertanyaan umum sehingga menghapus keunikan tiap responden. 
·         Survei yang fleksibel membutuhkan desain administrasi stabil sepanjang pengumpulan data. 
·         Peneliti harus memastikan bahwa sejumlah besar sampel memberikan respon (bebas respon bias). 
·         Mungkin sulit bagi responden mengingat informasi atau mengatakan kebenaran tentang pertanyaan kontroversial.