CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TIDAK TERBACA DI KOMPUTER

CARA MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TIDAK TERBACA DI KOMPUTER 


Kadangkala Flashdisk yang di gunakan tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi di komputer. Ada beberapa penyebab, bisa saja Flashdisk tersebut rusak secara fisik atau ada perangkat di dalamnya yang mengalami sedikit masalah. Atau mungkin juga Port USB di komputer telah rusak. Jadi anda bisa mencoba flashdisk lain dulu untuk memastikan bahwa apakah betul kesalahan di flashdisk anda atau mungkin di komputer tempat anda mencolokkannya.
Penyebab Flashdisk tidak terbaca bukan hanya karena kerusakan hardware saja. Tapi bisa juga karena ada masalah dengan driver flashdisk yang tidak sinkron dengan os komputer. Atau mungkin masalahnya ada pada windows. Bisa juga karena settingan bios di komputer anda yang membuat flashdiks tidak terbaca.
Baca juga artikel saya yang lainnya tentang Cara Menguji Kecepatan Read and Write (R/W) Flashdisk.
Jika Masalahnya karena kerusakan fisik di flashdisk, tentu saja anda harus membongkar flashdisk tersebut untuk memperbaiki komponennya. Begitupun jika kerusakan di port usb komputer, Komputer tersebut harus di bongkar untuk memperbaiki atau mengganti port usb yang rusak tersebut. Tapi kalau anda belum paham tentang komponen komputer, lebih baik bawa ke ahlinya saja.
Jika selain masalah hardware, berikut cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer:
  • Cek driver flashdisk anda di Device Manager

Sebelumnya pastikan driver flashdisk terinstall dengan baik di komputer anda caranya ketik device manager di Start. Atau di windows explorer klik kanan "Computer", Pilih "Properties" dan ketika sudah masuk di properti ada beberapa pilihan di sebelah kiri, pilih Device Manager. Cari di portable devices pastikan tidak ada tanda warning. Jika ada indikator segitiga kuning berarti flashdisk anda bermasalah dengan driver. Anda dapat mencoba merestart komputer anda jika masalahnya masih belum selesai anda harus mencari driver yang terbaru di internet.
cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer
cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer
  • Cek kemungkinan dari corrupt data

Kemungkinan lain flashdisk tidak terbaca di komputer adalah data yang corrupt sehingga anda harus mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu.
Caranya dengan masuk ke command prompt tekan Windows + R  ketikkan CMD dan klik ok atau langsung enter. Masuk dulu ke drive flashdisk misalnya flashdisk anda berada di Partisi H maka di cmd ketikkan H: kemudian ketik lagi chkdsk /f. jika ada opsi silahkan pilih yes. Itu opsi untuk menghentikan proses Flashdisk yang sedang berjalan. Tunggu sampai proses selesai.
cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca di komputer