PENYEBAB HARDDISK RUSAK PADA PC DAN LAPTOP

PENYEBAB HARDDISK RUSAK PADA PC DAN LAPTOP

hard drive, juga dikenal sebagai drive hard disk atau HDD, adalah bagian mendasar dari komputer modern. Hard drive adalah tempat semua program-program dan file anda disimpan, sehingga jika drive rusak karena alasan tertentu, Anda akan kehilangan data pada komputer Anda. Berikut beberapa Penyebab Harddisk Rusak Pada PC dan Laptop:

1. Melakukan Shut Down Dengan Cara Salah

Ini seringkali dilakukan oleh orang-orang yang awam di dunia komputer karena dia tidak tau akibat yang akan ditimbulkan. Pastikan anda menggunakan Opsi Shut down untuk benar-benar mematikan komputer.

2. Suhu Panas Yang Extrim

Penggunakan komputer atau laptop yang terlalu lama dan minimnya pendingin, sehingga harddisk menjadi panas dan komponen lemah dan mudah rusak.



3. Tegangan Listrik Tidak Normal
Kondisi ini mirip dengan cara nomor 1 diatas karena komputer sering mati secara tiba” tanpa melalui proses yang benar.Bukan hanya listrik padam saja, melainkan stabilitas dari listrik juga sangat berpengaruh. Saat listrik tidak stabil, sangat tidak disarankan untuk memaksa laptop dan komputer tetap beraktifitas, atau bisa dengan alternatif menggunakan UPS untuk menghindari gangguan listrik. Jika listrik sudah padam, lepas kabel power atau adapter charge dari stecker kemudian pasang lagi, untuk netralisasi tegangan.
4. Banyak File Sampah atau Tidak Berguna
Hal ini sering tidak pikirkan namun hal ini bisa menjadi hal yang fatal untuk hardisk. Pastikan file-file yang tidak berguna dan berformat asing Anda hapus. Selain itu file yang tidak tersusun rapi ternyata juga sangat tidak baik karena mengakibatkan bad selector pada Harddisk.
5. Guncangan Keras Menyebabkan Kerusakan Hardisk
Tahukan anda bahwa guncangan keras yang terjadi pada CPU beresiko menyebabkan kerusakan pada komponen Harddisk secara fisik.Pada saat bekerja, head Harddisk mengambang di atas permukaan piringan atau platter. Itulah mengapa guncangan maupun getaran bisa menyebabkan head Harddisk menyentuh bagian- bagian magnetik hard disk lain.
6. Sering Melakukan Instal dan Uninstal
Pasikan Anda hanya melakukan instalasi software yang berguna, jangan terlalu sering melakukan instalasi software lalu uninstal, termasuk juga instalasi OS. Hal ini lantaran saat melakukan proses tersebut Harddisk akan bekerja ekstra, jika sering kali dilakukan akan beresiko memperpendek usia Harddisk Anda.
 sumber:http://www.0p1ck.com