Menjalankan dan Menghentikan Servis Windows Dari MySQL

Menjalankan dan Menghentikan Servis Windows Dari MySQL

Sebagai seorang yang menggeluti dunia ITC, Anda tentu tidak asing dengan MySQL, sebuah DBMS (Database Management System) yang banyak dipakai saat ini. Perusahaan penyedia hosting untuk web (web hosting companies), web programmer serta banyak program aplikasi web CMS diantaranya Joomla, Wordpress dan Drupal menggunakan MySQL sebagai solusi databasenya. MySQL dapat dipasang (install) dan berjalan dengan stabil di banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X, Solaris, Amiga dan lain sebagainya.
Ketika Anda memasang MySQL di sistem operasi Windows, MySQL dapat diatur (set up) sebagai servis Windows. Servis ini seharusnya
mulai berjalan secara otomatis setiap komputer dinyalakan (boot up). Namun demikian, apabila tidak berjalan sebagaimana mestinya, Anda dapat memulai atau menghentikan MySQL secara manual melalui pengelola servis dari sistem operasi Windows (Windows service manager). MySQL tidak akan tersedia atau tidak bisa digunakan apabila servis Windows belum mulai. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memulai atau menghentikan servis Windows MySQL secara manual di Windows 7:
Klik menu Start > Control Panel > System and Security > Administrative Tools dan dari jendela yang terbuka, klik ganda Services.


Untuk mulai menjalankan servis Windows dari MySQL, klik kanan pada MySQL dan pilih Start pada menu pop-up yang muncul.

Untuk menghentikan servis Windows dari MySQL, klik kanan pada MySQL dan pilih Stop pada menu pop-up yang muncul.


Sumber: http://www.termasmedia.com