Merubah Aksi Default Tombol Power Di Windows 7

Merubah Aksi Default Tombol Power Di Windows 7

Ketika Anda mengklik tombol Start di Windows 7, sebuah tombol power akan muncul di sebelah kanan bawah dari tombol Start. Secara default, Shut down akan terpilih untuk mematikan (mengakhiri) sesi Windows Anda. Ketika Anda mengklik tombol panah yang ada di samping tombol power, beberapa pilihan aksi akan ditampilkan seperti Switch user, Lock off, Lock, Restart, Sleep, dan Hibernate.
Sebenarnya, aksi default Shut down bukan satu-satunya pilihan yang tidak dapat dirubah. Anda dapat mengganti Shut down dengan sebuah pilihan lain sebagai aksi default. Misalnya, Anda sering meninggalkan kantor dan membiarkan komputer (Windows) tetap menyala karena akan dipakai kembali. Dalam kondisi seperti ini, Anda memilih untuk mengunci Windows dengan
aksi Lock atau Lock off agar tidak dipergunakan oleh orang lain selama pergi. Untuk hal ini dapat dikatakan bahwa aksi Lock atau Lock off lebih sering digunakan daripada aksi Shut down. Anda dapat menjadikan Lock atau Lock off sebagai aksi default di tombol power. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk merubah aksi default selain Shut down:
Ketika Anda menekan tombol Start, nampak bahwa Shut down merupakan aksi default. Ketika tombol panah diklik, beberapa pilihak aksi juga ditampilkan.

Untuk merubah aksi default Shut down, klik kanan (right click) area kosong di taksbar untuk menampilkan shortcut menu dan kemudian pilih (klik) Properties.


Jendela Taskbar and Start Menu Properties ditampilkan. Pastikan Anda berada di tab Start Menu. Dari kotak dropdown berlabel Power button action, pilih Log off dan kemudian klik tombol Apply dan OK.

Sekarang Anda dapat perhatikan bahwa aksi default tombol power terlah berubah menjadi Lock off.

 Sumber: http://www.termasmedia.com