PENGENALAN MICROSOFT WORD 2007
Microsoft Word
2007 adalah program aplikasi pengolah kata yang tergabung dalam Microsoft
Office 2007.
A. Membuka
Microsoft Word 2007
1.
Klik tombol Start di
Microsoft Windows
2.
Pilih Programs
3.
Pilih Microsoft Office
4.
Klik Microsoft Word 2007
B. Mengenal
Bagian Dokumen
·
Tombol Office adalah tombol
yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen, menyimpan
dokumen dsb
·
Quick Access Toolbar adalah
toolbar yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar
·
Customize Quick Access
Toolbar adalah tombol untuk memodifikasi perintah-perintah Microsoft Word 2007
pada Quick access toolbar
·
Tab adalah bagian berbentuk
tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya yang terdiri
dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab Page Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab View
·
Tombol pengatur jendela
terdiri dari:
o
Minimize adalah tombol
untuk meminimalkan jendela
o
Maximize adalah tombol
untuk memaksimalkan jendela
o
Close adalah tombol untuk menutup
jendela
·
Lambang tab adalah ciri
atau tanda posisi tab baris atau paragraf
·
Tombol dialog adalah tombol
yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi perintah-perintah
yang disimpan di dalamnya
·
View Ruler adalah bagian
fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal
·
Ruler adalah bagian
fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
·
Baris Penggulung adalah
bagian fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
·
Baris Status adalah bagian
fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb
·
Halaman Kerja adalah media
kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
·
Pengatur Tampilan Halaman
Kerja adalah bagian fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti
print layout, full screen reading, web layout, outline dan draft
·
Zoom adalah bagian
fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk
memperbesar dan tombol minus sebaliknya
C. Membuat
File Dokumen dan Menyimpannya
1.
Bukalah halaman kerja
Microsoft Word 2007
2.
Ketikkan teks atau naskah
pada halaman kerja yang telah dibuka
3.
Jika sudah, untuk menyimpan
klik tombol Office lalu pilih Save atau pilih icon save pada Quick Access Toolbar
4.
Ketikkan nama file Dokumen
pada kotak isian File name, contoh “Latihan”. Nama file tidak lebih dari 250
karakter termasuk spasi dan tidak menggunakan tanda baca seperti: / \ * ? >
<
5.
Klik tombol Save atau
tekanlah Enter
D.
Membuka File Dokumen
1.
Klik tombol Office
2.
Pilih dan klik Open atau
klik icon Open pada
Quick Access Toolbar
3.
Muncul kotak dialog Open ,
klik nama file dokumen yang ingin dibuka
4.
Klik tombol perintah Open
atau tekanlah Enter
E.
Menutup File Dokumen
1.
Klik tombol Office
2.
Pilih dan klik Close.
Menutup File Dokumen hanya menutup halaman kerja dan Microsoft Word masih dalam
keadaan aktif
F.
Menutup Microsoft Word 2007
1.
Klik tombol Office
2.
Pilih dan klik tombol
perintah Exit Word atau klik tombol Close di sebelah kanan atas jendela
Microsoft Office Word 2007. Menutup
Microsoft Word artinya menutup halaman kerja dan keluar dari program Microsoft
Word 2007