STRESS KENAPA BISA?

STRESS
KENAPA BISA?
Apa itu stress?
Stress merupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stress membuat tubuh memproduksi  hormon adrenalin  yang  berfungsi  untuk mempertahankan diri.
Stress merupakan bagian dari kehidupan manusia. stress yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berusaha lebih keras. Stress ringan sebenarnya bisa merangsang dan memberikan gairah lebih dalam hidup. Tetapi stress yang berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.
Ini dia gejala-gejala stress:
-          Mudah tersinggung dan marah terhadap keluarga
-           Bertindak secara agresif dan devensive
-           Merasa selalu lelah
-          Sukar berkonsentrasi  atau menjadi pelupa
-          Jantung  berdebar-debar
-          Otot-otot tegang
-          Sakit kepala
-          Perut dan diare
-          Tekanan darah
-          Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan
-          Sukar tidur
-          Maag kambuh
-          dan bahkan asma pun bisa kambuh.

Kok bisa stress?
Stress bisa disebabkan oleh sebagai berikut:
-          Perubahan komposisi keluarga
Contoh tambah ayah atau ibu satu lagi? Betul tidak, perubahan komposisi keluarga meliputi perpisahan dan penambahan anggota keluarga. Perpisahan mencakup meninggalnya seorang anggota keluarga atau pergi jauhnya seorang anggota keluarga.
Bagaimana pun hubungan yang terjadi perpisahan dengan anggota keluarga sangat berpotensi membuat kita stress. Apalagi jika orang itu punya peran penting bagi kita, misalnya ayah atau ibu.

Penambahan anggota keluarga juga bisa membuat stress, contoh kamu dapet adik lagi, selain kamu membantu ayah dan ibu ngurusin adikmu, perhatian ortumu tentu juga akan berkurang dengan adik baru tersebut. padahal, kamu juga perlu belajar, beraktivitas , dan ingin juga dapat perhatian dari ortumu. Yang seperti inilah bisa membuat stress.

Nikah lagi juga bisa bikin kamu stress. Misalnya saja ayahmu nikah lagi setelah ibumu meninggal, atau ibumu menikah lagi setelah berpisah dengan ayahmu. Kamu tentu menyesuaikan diri dengan ayah ataupun ibu tirimu. Tentu butuh waktu untuk menyesuaikannya.

-          Asmara
Tentu saja yang ini bikin stress. Cinta pada awalnya terasa asik, tapi lama-lama bikin gundah, gelisa,dan stress. Gimana enggak? Kamu yang kena panah asmara pasti sempat mikirin si dia terkadang mikirinnya sampai guling-guling tak menentu, padahal untuk nikah kamu belum mampu, padahal hampir setiap hari ketemu. Nah, liat-liat si dia atau terus mikirin sidia inilah yang bikin kamu stress .
-          Konflik pertemanan
Misalnya, teman dekat mu membeberkan rahasiamu, aibmu pun tersebar kemana-mana. Yakin lah, selain mangkel, jengkel, and benci, kamu juga bisa stress mikirin kejadian tersebut.

Termasuk juga konflik pertemanan adalah kekerasan yang terjadi disekolah. Kakak kelas yang setiap hari ngompasin duit kamu, terus terang emang pasti bikin stress. Sudah uang pas-pasan eh harus setor ke orang lain. Gimana gak tertekan dan timbullah stress..!!

-          Tuntutan aktivitas
“kamu harus jadi juara satu..!!” tuntutan orang tua agar kamu berprestasi begini yang bikin kamu gak bakal jadi maju. Alih-alih termotivasi, kamu malah bisa jadi tertekan. Tentu, maksud orang tua baik. Hanya, mereka kadang gk tau potensimu itu seberapa atau nggak bisa memotivasi kamu dengan cara yang baik.

Tuntutan aktivitas bisa juga gk berasal dari ortumu, tapi berasal dari dirimu sendiri. Kamu merasa bahwa kamu harus menjadi seseorang yang sempurna. misalnya, semua mata pelajaran harus dapet nilai 10, di organisasi harus aktif jadi pengurus, di kampung harus jadi aktivis kepemudaan. Emang bagus jadi orang penting tapi itu bisa bikin kamu stress.

-          Kurang dukungan
Ortumu cuek sama kamu, kakak-kakakmu sibuk sendiri,adikmu belum paham diajak ngomong. Temanmu? Mereka juga sibuk sendiri atau kamu malu mengutarakan masalah kamu kepada mereka. Nah, inipun  bisa membuat kamu stress.

-          Kurang waktu rileks
Belajar, belajar, dan belajar. Pagi belajar, siang belajar, sore belajar, dan malam pun belajar. Saat libur, badan lelah, kerjanya Cuma ngorok di tempat tidur. Ini adalah pola hidup yang nggak sehat plus bikin stress.

-          Penyebab lain
Eh, stress nggak Cuma disebabin itu-itu saja lho. Melihat defenisinya, stress dapat saja timbul karena masalah-masalah yang ‘sederhana’.

Stress bisa timbul karena tiba-tiba melihat sinar yang menyilaukan mata, kurang tidur, kurang olahraga, rasa lapar, perubahan suhu, suara bising, keramaian, tergesah-gesah, ditinggal mati binatang kesayangan. Nah, setelah kamu tau penyebabnya, kamu bisa lebih awal untuk menangani stress kamu.