Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Mengkonfigurasi Windows 7 Untuk Menampilkan Ekstensi File

Apakah Anda pernah menjumpai nama file yang sama di sebuah direktori atau folder dari Windows Explorer? Apakah Anda merasa bingung sedangkan Anda mengetahui bahwa sistem operasi Microsoft Windows tidak memperbolehkan nama file yang sama di sebuah direktori atau folder. Tentu, sampai sekarangpun sistem operasi Microsoft Windows masih melarang adanya file dengan nama dan tentunya ekstensi yang sama pula dalam sebuah direktori atau folder. Anda mungkin benar pernah melihat file dengan nama sama, tetapi dapat dipastikan bahwa ekstensi file tersebut pasti berbeda.


Secara default, sistem operasi Microsoft Windows tidak menampilkan ekstensi file ketika Anda menjelajahi file di sistem operasi Microsoft Windows menggunakan Windows Explorer. Hal ini mungkin menjadi pertimbangan setelah melalui berbagai studi kasus atau masukan bahwa Microsoft menemukan banyak orang tidak menyukai tampilan ekstensi yang mengikuti nama file. Apabila Anda tidak sepakat dengan apa yang dilakukan Microsoft terkait tidak menampilkan ekstensi mengikuti nama file, Microsoft masih memberikan opsi untuk merubah konfigurasi default ini. Berikut ini cara yang dapat Anda ikuti untuk menampilkan ekstensi file mengikuti nama file di sistem operasi Microsoft Windows:
Anda dapat memperhatikan beberapa file ditampilkan tanpa ekstensi menyertainya sebelum konfigurasi dilakukan.



Untuk mulai melakukan konfigurasi, klik kanan tombol Start yang terletak di pojok kiri bawah dan kemudian pilih dan klik Open Windows Explorer.


Ketika jendela Windows Explorer terbuka, klik Organize yang terletak di pojok kiri atas dan kemudian pilih dan klik Folder and search options.


Di jendela Folder Options yang muncul, pastikan Anda berada di tab View dan bagian Advanced settings hilangkan tanda centang dari check box berlabel Hide exstensions for known file types. Tekan tombol Apply dan kemudian tombol OK untuk menyimpan perubahan.


Kunjungi kembali direktori atau folder Anda dan sekarang perhatikan bahwa ekstensi telah ditampilkan mengikuti nama file.

 sumber: http://www.termasmedia.com