Menghapus File Atau Folder Tanpa Menyimpannya Di Recycle Bin

Menghapus File Atau Folder Tanpa Menyimpannya Di Recycle Bin

Ketika Anda menghapus file atau folder di sistem operasi Windows, file atau folder yang dihapus akan dipindahkan atau disimpan di Recycle Bin. Anda perlu dua kali proses penghapusan untuk menghapusnya secara permanen yaitu menghapus file atau folder dari tempatnya dan kemudian menghilangkan file atau folder tersebut dari Recycle Bin. Sebenarnya Recycle Bin dapat dikatakan sebagai fasilitas penyelamat yang disediakan Windows dari proses penghapusan file atau
folder tanpa sengaja. Fasilitas penyelamat di sini diartikan bahwa Anda masih bisa membatalkan file atau folder yang terhapus tanpa sengaja dengan melakukan proses restore di Recycle Bin.
Adakalanya Anda sudah sangat yakin dengan file atau folder yang dihapus sehingga tidak perlu dipindahkan atau disimpan di Recycle Bin. Recycle Bin sendiri sebenarnya juga menyediakan opsi apakah file atau folder yang dihapus perlu atau tidak disimpan di Recycle Bin terlebih dahulu. Apabila telah yakin bahwa file atau folder yang dihapus tidak perlu dipindahkan atau disimpan di Recycle Bin (dihapus secara permanen), Anda perlu merubah opsi dari Properties Reclycle Bin. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti apabila menggunakan sistem operasi Windows 7.
Klik kanan icon Recycle Bin yang ada di dekstop untuk menampilkan menu shortcut dan kemudian pilih atau klik Properties.

Jendela Recycle Bin Properties ditampilkan. Untuk menghapus secara permanen file atau folder yang ada di drive C tanpa perlu menyimpannya di Recycle Bin, klik drive C (S3A8721D0O6 (C)) untuk menyorotnya.

Klik tombol radio (radio button) berlabel Don't move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted untuk mengaktifkannya, tekan tombol Apply dan kemudian tombol Close untuk menyimpan perubaha. Sekarang ketika file atau folder yang ada di drive C dihapus, file atau folder tersebut langsung terhapus tanpa menyimpannya terlebih dahulu di Recycle Bin.

Apabila Anda juga ingin agar file atau folder terhapus langsung dari drive D tanpa menyimpannya terlebih dahulu di Recycle Bin, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk drive D.

Sumber: http://www.termasmedia.com