CARA MENGAKTIFKAN PTK 2015-2016 SEMESTER 1
Proses keaktifan PTK (Cetak Kartu Digital PTK) dalam satu
Madrasah/sekolah saat ini tidak lagi harus menunggu persetujuan
keaktifan kolektif (S25) dari Mapenda/Dinas setempat, setiap PTK dapat
langsung mencetak kartu digital masing-masing melalui akun PTK nya.
Namun untuk kepala Madrasah/Sekolah tetap
harus melalui prosedur ajuan
kolektif (S25) untuk dapat mencetak kartu digitalnya.
Berikut langkah singkat mencetak kartu digital bagi PTK :
1. Login sebagai PTK pada http://kemenag.siap.id/
2. Silakan isi PegID/NUPTK dan password login akun PTK Anda dan pilih layanan PTK jika telah berhasil login.
3. Pada halaman dasbor PTK Anda akan ditampilkan status keaktifan Anda, perhatikan gambar.
4. Klik Info Mengajar untuk melihat Riwayat Mengajar Anda.
Pemutakhiran riwayat mengajar tidak perlu di entri manual lagi oleh
setiap guru. Sistem akan meng-update riwayat mengajar baik di sekolah
induk atau non induk secara otomatis ke setiap portofolio guru sesuai
dengan isian jadwal kegiatan belajar mengajar mingguan pada semester
aktif yang di entri oleh petugas admin/operator sekolah. Catatan : harap
disiapkan dokumen penjadwalan mingguan pembelajaran di setiap kelas
pada semester 1 TP. 2015/2016 yang telah berlaku di sekolah saat ini
sebagai dasar entri ke sistem SIMPATIKA). Klik untuk melihat Panduan Pengaturan Jadwal Kelas Mingguan. Berikut contoh tampilan Daftar Riwayat mengajar Anda.
6. Selanjutnya, klik Periksa Portofolio, periksa portofolio Anda.
Jika ada yang harus disesuaikan silakan klik Edit Kembali, namun jika sudah sesuai klik OK.
7. Selanjutnya, klik tombol Aktifkan untuk periode Tahun Ajuran 2015/2016 Semester 1.
8. Langkah terakhir, Klik tombol Cetak Kartu untuk mencetak kartu digital PTK.
9. Selamat, kartu digital Anda sebagai tanda keaktifan PTK periode
Tahun Ajuran 2015-2016 Semester 1 telah berhasil dicetak. Berikut contoh
kartu GTK sebagai tanda keaktifan PTK pada semester berjalan.